Ad Under Header
Parallax Ad

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Di Tengah Virus Corona

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Di Tengah Virus Corona
Ibu hamil (Source by Piaxabay)
Virus corona dapat menyerang siapa saja; anak-anak, orang tua, atau bahkan ibu hamil sekalipun. Virus yang dapat menyerang kapan saja ini salah satu virus yang mudah menyebar ke setiap orang. Oleh sebab itu, pemerintah menghimbau ke semua masyarakat agar tidak keluar rumah dan menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan masyarakat agar tidak tertular virus corona.

'Diam di rumah' menjadi polemik bagi mereka yang mendapatkan penghasilan di lapangan seperti ojek, para pedagang dan jenis pekerjaan lainnya. Ini berlaku untuk wanita yang tengah mengandung sang buah hatinya. Mereka harus memaksakan diri mengurung diri di rumah.

"Untuk berkunjung ke rumah sakit, sekarang mah dibatasi kecuali kalau ada keluhan saja". Kata Bidan Esih kepada Majalah Kuningan.

'Tidak keluar rumah' memang harus dipaksakan oleh ibu hamil. Secara umum kondisi ibu hamil memang mengalami penurunan imunologis dan fisiologis. Sehingga virus-virus yang mengganggu pernapasan lebih rentan menyerang, termasuk virus corona, bahkan virus yang kita jumpai sehari-hari seperti influenza.

Apakah harus pakai masker?

Boleh, tapi masker bukan untuk mencegah coronavirus. The covid ini hanya menular melalui cairan yang dikeluarkan oleh orang lain seperti ingus, air liur. Nah, jika keluar rumah takutnya tetesan-tetesan itu tersentuh oleh kita, lalu secara tidak sadar kita menyentuh wajah dan hidung. Maka paling sangat disarankan untuk sering mencuci tangan.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil di tengah coronavirus ini?


"Makan yang banyak, sama minum 2 liter sehari atau 8 gelas sehari, istirahat yang cukup. Jangan pergi kemana-mana dulu kalau enggak penting mah". Sambungnya melalui pesan singkat. 

Mau kirim tulisan? Klik disini

Cara ini adalah untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain dari segi makanan juga, para ibu hamil jangan terlalu memikirkan banyak beban, diusahakan pikiran tenang dan damai. Lakukanlah hal-hal yang membuat Anda senang seperti nonton film, baca buku, main game atau menyelami hobi yang Anda sukai.

Para suami juga harus menjaga mood pasangan Anda untuk tetap tenang. Buatlah rumah Anda senyaman mungkin untuk istri Anda. 

1. Lebih rajin mencuci tangan

Anjuran ini berlaku untuk semua orang termasuk ibu hamil. Anda harus lebih rajin lagi mencucui tangan setelah Anda telah menyentuh barang yang berada di rumah Anda. Sebab, kita tidak tahu barang mana saja yang telah terkontaminasi. Jadi, baiknya Anda mencuci tangan. 

2. Menjaga jarak dengan orang lain

Kita tidak tahu ciri-ciri orang yang terkena virus corona. Jadi, ada baiknya kita menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini bukan bermaksud untuk berprasangka negatif tapi sebagai manusia kita harus waspada. 

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Harus sedetail mungkin. Sebab, ketiga panca indra di atas menjadi pintu masuk virus corona. 

4. Jika merasa demam segera pergi ke dokter

Jika Anda merasa demam, batuk atau bahkan kesulitan bernapas, segeralah pergi ke dokter dan ikutilah saran yang dianjurkan dokter. Anda juga harus menggunakan tangan atau tisu ketika hendak bersin atau batuk. 

Posting Komentar