Ad Under Header
Parallax Ad

Minum kopi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi yang seperti apa?

Minum kopi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi yang seperti apa?
Source by Pixabay/monileoni

Kopi menjadi bagian terpenting setelah kita menyantap roti di pagi hari. Atau, menjelang sore sembari membaca buku tepat di ruang tamu.

Anda harus tahu manfaat kopi bukan hanya menghilangkan rasa kantuk saja atau teman diskusi. Di tulisan ini saya akan memberitahu kopi seperti apa untuk meningkatkan daya tahan tubuh beserta alasan singkatnya. 

Mari simak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh JAMA Internal Medicine, bahwa rata-rata orang yang suka meminum kopi dapat terhindar dari beberapa penyakit daripada orang yang tidak suka meminum kopi.

Tidak hanya itu, kopi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita lho.

Menurut studi yang dilakukan oleh Institut National Finlandia pada tahun 2018 hal ini dikarenakan di dalam kopi terdapat senyawa bioaktif yang salah satunya dapat meningkatkan imunitas dalam sistem metabolisme tubuh kita. Ada sekitar 115 metabolit yang berhubungan langsung dengan asupan kopi. 

Bagaimana secangkir kopi dapat meningkatkan efisiensi kekebalan pada metabolisme tubuh Anda. Inilah sebabnya mengapa kopi dapat menghindarkan Anda dari penyakit atau virus-virus gentayangan. 

Minum kopi terlalu banyak juga akan berdampak pada meningkatnya kecemasan dan hilangnya konsentrasi. Apapun yang dilakukan secara berlebihan sekalipun hal itu baik maka akan menjadi keburukan dari hal baik itu sendiri.

Lalu kopi yang seperti apa yang baik untuk dikonsumsi? Kopi yang baik untuk dikonsumsi adalah kopi yang tidak diberikan susu, krim, gula atau zat kimia tambahan lainnya.

Jika Anda menambahkan pemanis; gula dan susu ini akan merusak manfaat dari senyawa bioaktif yang ada di dalam kopi itu sendiri. 

Anda pun harus membatasi meminum kopi minimal kurang dari 8-6 gelas per hari. Jika Anda meminum terlalu banyak malah akan menurunkan kekebalan tubuh Anda.

Hal ini menjadi penting ditengah maraknya wabah virus corona. Pengurus Arsinu dr. Makky Zamzami mengatakan bahwa menghadapi wabah virus corona ini tidak usah panik.

Kita harus rileks dan tenang. Sebab, selama imunitas atau daya tahan tubuh kita baik virus apapun tidak akan mudah masuk. 

Penyakit datang dari pikiran Anda sendiri. Dari setiap masalah-masalah yang datang hadapilah dengan ketenangan. Dan, jangan lupa tambah lagi rasa syukur kita. Menurut buku psikologi yang hampir saya selesaikan baca—kunci kebahagiaan adalah rasa syukur bukan materi. 

Posting Komentar