Ad Under Header
Parallax Ad

Gunung Lumpur Di Ciuyah Ciniru Dikenal Sebagai Obat

Air Asin Di Ciuyah Bermanfaat Untuk Kesehatan

Gunung lumpur yang berada di Ciuyah dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit sejak dulu. Banyak orang dari pelbagai desa berdatangan untuk mengambil atau berendam di dalam air yang berada di gunung lumpur Ciuyah.

Dalam bukunya, Junghuhn pun sempat menuliskan, "...sungguh mengejutkan bahwa, seperti yang pasti, penduduk beberapa desa tetangga, yang menggunakan air sungai ini, yang dicampur aliran Tjiujah, sebagai air minum, menderita penyakit paru-paru, batuk, dan banyak yang meninggal sebelum waktunya. Selain karbonat kapur, karbonat soda, dan asam klorida, yang niscaya mengandung banyak air, haruskah air juga mengandung yodium?"

Ciuyah terletak sekitar 12 km di sebelah selatan Kota Kabupaten Kuningan di Kelurahan Ciniru Lebih tepatnya di Desa Ciniru Kecamatan Ciniru, berjarak sekitar 2 kilometer dari lokasi pusat pemerintahan desa ke arah timur mengikuti jalan menuju Desa Cipedes.

Fenomena gunung lumpur atau bahasa kerennya mud volcano/mud explosion memiliki kesamaan dengan lumpur lapindo yang berada di Sidoarjo dan Blora. Hanya saja gunung lumpur yang berada di Ciuyah sangat kecil jika dibandingkan dengan keduanya.

Di sini, lumpur panas asin dan air mengalir terus menerus dari beberapa mata air. Saat air menguap, kristal garam diendapkan. Menurut informasi penduduk, terutama orang tua, dulu garam rakyat sudah diproduksi, tetapi pada dekade 1990-an ada yang memberitakan bahwa garam produksi Ciuyah beracun. 

Namun, pencerahan bisa kita dapatkan dari penelitian yang berjudul Gunungan-lumpur Ciuyah (Ciuyah Mud-vulcano) sebagai penghasil Yodium oleh Faizal Muhamadsyah mahasiswa Universitas Padjadjaran Fakultas Teknik Geologi menyangkut pemberitaan tersebut. Dalam penelitiannya, ia menyebutkan bahwa, "9 sampel tersebut setelah dijemur selama 45 jam didapatkan hasil berupa garam yang agak kotor yang diperkirakan karena air sampel tidak disaring," Tulisnya.

Cara pertama menghasilkan garam yang kotor dengan menggunakan cara manual, tetapi "Bila sampel dilakukan penelitian di laboratorium kimia didapatkan hasil kandungan yodium sangat tinggi dan diperkirakan sangat cocok untuk diproduksi."

Kenapa air yang berada di gunung lumpur Ciuyah dianggap bisa menyembuhkan beberapa penyakit? Mungkin singkat saja, merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Faizal, garam yang berasal dari gunung Ciuyah memiliki kandungan yodium yang sangat tinggi. Sementara yodium memiliki kegunaan sebagai berikut:

Mencegah Penyakit Gondok 
Kekurangan Yodium menyebabkan kelainan pada kelenjar tiroid yang disebut penyakit gondok. Penyakit ini menyebabkan kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormone tiroid sebagaimana mestinya. 

Mengendalikan Laju Metabolisma
Yodium mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid dengan membantu menghasilkan hormon yang secara langsung bertanggungjawab mengendalikan laju metabolisma.

Membantu Mengendalikan Berat Badan
Yodium berperan penting dalam mengendalikan berat badan karena yodium menjamin penggunaan kalori secara optimum dan meminimalisir penimbunan kalori dalam bentuk lemak tubuh. 

Menjamin Pertumbuhan Tubuh yang Sehat
Hormon tiroid berperan penting dalam menjamin pertumbuhan tubuh khususnya bagi anak-anak. Yodium diperlukan ibu hamil untuk menjamin pertumbuhan bayi yang sehat dalam kandungan. 

Membantu Perkembangan Otak
Yodium berperan penting dalam menjamin perkembangan otak, bahkan sejak usia bayi dalam kandungan. Kekurangan yodium pada anak-anak dapat menyebabkan keterbelakangan mental. 

Mengendalikan Tekanan Darah
Yodium membantu fungsi kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon tiroid. Hormon ini bersama hormon tiroksin dan hormon triodotironin mempengaruhi laju detak jantung dan tekanan darah. 

Menyehatkan Rambut
Yodium turut berperan menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan rambut sehingga mencegah rambut rontok. 

Membuang Racun dari Tubuh
Yodium membantu membuang toksin dari tubuh. Yodium efektif menghilangkan bahan kimia toksik seperti merkuri, timbal, dan fluor dari tubuh. 

Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi
Yodium membantu pertumbuhan dan pematangan organ reproduksi. 

Menjaga Kulit Tetap Halus
Yodium turut berperan dalam menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. Salah satu gejala defisiensi yodium adalah kulit kasar.
Dalam video yang diunggah (24/06/2020) oleh akun YouTube Suara Kuningan, lurah Ciuyah, Roni Mulyana mengatakan, "Fenomena alam ini memang salah satunya itu untuk penyembuhan penyakit kulit. Seperti kudis, borok, pokoknya jenis-jenis penyakit kulit. Bahkan, ada juga orang Kuningan yang sempat kesini, dia mempunyai penyakit raja singa, sudah berobat kemana-kemana, sama saya disuruh berendam disini (Ciuyah, red), Alhamdulilah, sembuh, Pak, akibat pengaruh air asin ini."

Lihat Juga:

Posting Komentar