Ad Under Header
Parallax Ad

Smart House

Smart House

Di zaman sekarang kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi dari mulai kita membuka mata sampai menutup mata kembali (Tidur). Kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi, seakan-akan teknologi sudah menjadi bagian dari hidup kita yang tidak bisa dipisahkan.

Dengan adanya teknologi membuat hidup kita lebih mudah dan lebih efisien. Apalagi di era revolusi 4.0 ini teknologi sudah merambat ke berbagai sektor seperti sektor kesehatan atau paramedis, pertanian, perikanan, kelautan, pertahanan, infrastuktur transportasi dan sampai pada hunian saat ini.

Di era digital ini orang-orang lebih memilih hal yang serba otomatis misal rumah pintar atau smart house. Hunian adalah tempat berkumpulnya keluarga sekaligus tempat berlindung dari terik matahari dan hujan.

Apa itu rumah pintar atau smart house?

Rumah pintar atau smart house adalah rumah yang sudah menggunakan otomatisasi bangunan yang memiliki kontrol terpusat dari pencahayaan, ventilasi dan pendingin udara (HVAC). Rumah pintar ini bertujuan untuk memberi kenyamanan kepada penghuninya.

Smart house ini merupakan sebuah hunian yang di dalamnya memiliki fitur-fitur modern entah dari segi pencahayaan, keamanan, pengaturan suhu atau hiburan. Hal ini disebabkan oleh adanya teknologi yang semakin canggih, dimana si pemilik hunian ini tidak lagi harus kerepotan untuk melakukan kegiatan seperti menyalakan lampu, pengaturan suhu dan lain sebagainya.

Biasanya fitur-fitur yang ada di dalam rumah pintar atau smart house ini sangatlah membantu para penghuninya, apalagi dalam hal mengurus rumah.

Ada fitur apa sajakah dalam smart house ini ?

Pencahayaan otomatis

baik, biasanya pada smart house terdapat fitur pencahayaan seperti rumah pada umumnya namun bedanya si pemilik tidak usah repot-repot untuk mematikan lampu melalui saklar karena biasanya lampu akan hidup jika kondisi malam hari dan otomatis akan mati pada siang hari. Ada pula yang menggunakan lampu tepuk dimana si penghuni tidak lagi harus menyalakan atau mematikan lampu melalui saklar tapi hanya dengan satu tepuk tangan saja.

Segi Keamanan
Nah ini merupakan satu hal yang sangat penting dalam sebuah hunian, yakni keamanan. Pasalnya di zaman sekarang banyak orang jahat yang mengincar rumah untuk menjadi sasaran kejahatannya bahkan tidak sedikit rumah-rumah atau hunian menjadi sasaran kejahatan.

Bagaimana fitur keamanan smart house bekerja?

Alarm anti maling. Alarm ini akan berbunyi jika ada orang asing masuk, selain itu ada juga alarm asap apa itu alarm asap ini sama saja seperti alarm anti maling dimana jika ada orang asing berusaha memaksa masuk ke dalam rumah maka seketika sensor tersebut akan membaca dan mengeluarkan asap untuk membuat si pencuri bingung, dan tidak bisa keluar karena akses jalan tertutup asap ini memudahkan untuk menangkap si pencuri tersebut.

Lalu fitur keamanan lainnya adalah alarm gas bocor. Ya, sekarang banyak berita tentang gas bocor yang menyebabkan ledakan hingga kebakaran. Sensor gas bocor ini akan membaca kebocoran gas dan meminimalisir terjadinya ledakan. Selain fitur keamanan banyak lagi fitur-fitur yang ada pada smart house ini yang bisa membantu kita, mungkin untuk beberapa tahun kedepan akan banyak hunian seperti ini, bedanya hunian smart house dan hunian biasa adalah selain memudahkan kita melakukan aktivitas namun dari segi keamanan pun terjamin, serta memberi kenyaman.

Di berbagai Negara di dunia sudah banyak yang memiliki hunian smart house ini, di Negara maju seperti Jepang, Korea, cina dan lainnya. Di Indonesia untuk beberapa daerah sudah ada beberapa yang memiliki smart house ini meski belum banyak kemungkinan di masa depan hunian ini akan banyak digunakan.


Penulis: Mira Ridwan

Posting Komentar