Ad Under Header
Parallax Ad

Tepat Hari Ini, Suranggajaya Dianugerahi Gelar Adipati Kuningan

Tepat Hari Ini, Suranggajaya Dianugerahi Gelar Adipati Kuningan

Tepat hari ini, 1 September, Suranggajaya diangkat menjadi Adipati Kuningan oleh Syarif Hidayatullah. Sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat kabupaten Kuningan yang dimana momen tersebut memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. 

Pengangkatan Suranggajaya oleh Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati menjadi Adipati Kuningan terjadi pada 4 Syura (Muharam) Tahun 1498 Masehi.

Kemudian tim kecil peneliti sejarah yang sebelumnya diberi tugas oleh bupati Kuningan pada tahun 1978 memperkirakan bahwa momen pengangkatan Suranggajaya terjadi pada tanggal 1 September tahun 1498. Sejak saat itulah, momen peristiwa tersebut ditetapkan sebagai Hari Jadi Kuningan sampai sekarang.

Merebaknya virus corona membuat perayaan hari jadi Kuningan tahun sekarang pun sangat berbeda. Dimana tahun-tahun sebelumnya selalu dimeriahkan oleh pelbagai pernak-pernik dan budaya dari masyarakat dalam sebuah karnaval.

Namun, tiadanya karnaval pun merupakan bukti bahwa masyarakat Kuningan tengah bergotong-royong untuk menumpas corona dari Kuningan. Masyarakat sama-sama saling menjaga dan melindungi serta memutuskan tali persebaran virus corona melalui #menjagajarak dan #menggunakanmasker.

Bukankah gotong-royong tidak melulu tentang fisik yang saling bergenggaman. Bersama-sama mengerti akan kesehatan pun merupakan bagian di dalamnya.

Posting Komentar