Ad Under Header
Parallax Ad

Jauh dari Ciremai, Kenapa Desa Subang Memiliki Wisata Air Panas?

Jauh dari Ciremai, Kenapa Desa Subang Memiliki Wisata Air Panas?

Mata air panas Subang terletak dibagian Tenggara gunung Ciremai, lebih tepatnya terletak di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Mata air panas Subang telah memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Subang sebagai penggerak roda ekonomi dengan memanfaatkan mata air panas sebagai destinasi wisata pemandian air panas.

Namun tahukah kamu, kenapa desa Subang yang notabene jauh dari gunung Ciremai memiliki mata air panas yang muncul dari perut bumi?

Hal ini karena daerah Subang, jikia dilihat dari letak geologinya, dilalui sesar mendatar yang berarah barat laut - tenggara yang diduga sebagai sesar yang merupakan saluran fluida panas bumi.

Air panas yang muncul itu pada mulanya merupakan air tanah biasa atau air hujan yang menyerap ke dalam tanah. 

Hanya saja, adanya celah atau patahan pada tanah atau sesar, menyebabkan air tersebut masuk ke dalam hingga sampai pada lapisan mantel bumi. Di sinilah air tersebut mengalami proses pemanasan saat bersentuhan dengan batuan panas (geotermal/panas bumi).

Akibat adanya tekanan yang tinggi dari dalam, air tanah yang masuk ke dalam perut bumi itu [hingga menyentuh lapisan mantel bumi] akan menyembur melalui celah patahan/rekahan tadi. Atau, bisa disebut juga mata air panas yang dihasilkan oleh tenaga non gravitasi.

Apabila gunung Ciremai merupakan satu-satunya sumber panas dalam sistem panas bumi di daerah ini, maka daerah keluar [zona upflow] energi panas bumi dapat diperkirakan berada di daerah ini. Mengingat, di sebelah Selatan desa Subang terdapat gunung Sawal.

Maka hal yang harus dilakukan untuk memastikan apakah gunung Ciremai merupakan satu-satunya sumber panas yang ada di daerah Subang, perlu adanya penelitian dan kajian yang lebih mendalam tentang keterkaitan gunung Ciremai dan Sawal.

Posting Komentar