Ad Under Header
Parallax Ad

Agar Tubuh Tetap Fit, Apa Yang Harus Kamu Lakukan?

Ada Beberapa Hal Yang Harus Kamu Lakukan

Agar Tubuh Tetap Fit, Apa Yang Harus Kamu Lakukan?
Gambar: Pixabay/Mojca JJ
Musim penghujan telah tiba apa yang harus kita lakukan? Selain bersyukur kepada Tuhan kita juga harus melihat dampak negatif dari musim hujan ini terhadap tubuh kita. Biasanya, musim hujan membawa virus yang dapat menyerang manusia.

Tiga hari lalu, saya bermain ke kota Cirebon menggunakan sepeda motor. Berangkat sekitar jam 9 pagi dan pulang jam 4 sore. Di tengah perjalanan, hujan turun secara tiba-tiba, saya berniat berhenti tapi di sekitar jalan itu tidak ada tempat berteduh. Akhirnya, saya berhenti di rest area Cijoho karena hujan semakin besar.

Sekujur tubuh saya basah kuyup, buku-buku saya dan gadget saya, untungnya gadget saya tidak rusak alias masih bisa digunakan secara normal.

Setelah hujan mulai sedikit reda saya langsung pulang dengan tubuh sedikit menggigil.

Dari kejadian di atas, apakah saya menyalahkan hujan? tentu tidak. Saya menyalahkan diri sendiri karena telah mengabaikan jas hujan. Sejak pagi cuaca memang cerah sehingga saya menerka bahwa hujan tidak akan turun. Ternyata saya salah, akhirnya kelalaian tersebut membuat kesehatan saya menurun.

Imbasnya, setiap saya hendak menulis di blog, badan saya kurang fit yang berpengaruh kepada kinerja otak saya.

Saya tidak ingin Anda sakit dari kelalaian menjaga kesehatan atau hal kecil. Bukti kasih sayang saya terhadap Anda semua, saya ingin berbagi tentang hal yang harus dilakukan agar badan Anda tetap fit dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar.

Gunakan jas hujan yang ada celananya

Sepintas mungkin membuat Anda bertanya, "Kok jas hujan?". Selain kesehatan, kenyamanan berkendara juga penting ketika Anda tengah berkendara di bawah rintik hujan. 

Pernah memakai jas hujan langsung atau lebih tepatnya bernama ponco? Ya, jika telah menggunakan apakah kamu merasa tidak nyaman? 

Dengan kain yang panjang dan menutupi seluruh badan tanpa celana akan membuat Anda terganggu tatkala berkendara. Jas hujan ponco tidak Fleksibel dan simpel. Tapi saya tidak bisa memaksakan Anda. 

Saya pribadi lebih memilih jas hujan yang ada celananya, menurut saya itu lebih sederhana dan mudah melakukan aktifitas apapun, termasuk berkendara. Saya merasa ringan dan bebas tatkala menggunakan jas hujan yang ada celananya. 

Tingkatkan Asupan Vitamin C

Demi menjaga tubuhmu tetap fit kamu harus sedikit memperbanyak makan makanan yang banyak mengandung vitamin C. Hal ini penting karena vitamin C dipercaya untuk menjaga daya tahan tubuh. Ketika tubuhmu terlihat segar dan tidak merasa sakit atau demam maka aktivitas keseharianmu akan lancar dan berpengaruh terhadap pekerjaanmu.

Kenapa harus vitamin C?

Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah putih yang nantinya ia akan melawan berbagai infeksi. Biasanya Vitamin C terkandung di dalam buah dan sayuran seperti jeruk, jambu, brokoli, bayam dan kacang almond. 

Perhatikan kualitas tidur

Kerja keras sih boleh tapi kamu harus ingat juga dengan istirahat. Biasanya para mahasiswa yang tengah disibukkan dengan pengerjaan tugasnya lupa dengan istirahat. Jam 10 yang biasanya digunakan untuk tidur karena ada hal yang harus diselesaikan maka beralih waktu pada pukul 3 pagi.

Bukan hanya mahasiswa, pemuda yang sudah kerja pun terlalu sering menggunakan waktu istirahatnya untuk bermain bersama teman-temannya. Bagaimana tidak? waktu kerja selama 8 jam bahkan lebih di kantor akan menghasilkan kejenuhan yang tak terbantahkan, maka mereka akan melampiaskan kejenuhan itu dengan bermain setelah pulang kerja.

Tahukah kamu?

Saat tubuh kita berbaring atau lebih tepatnya tidur, tubuh akan me-regenerasi sel sehingga metabolisme dan sistem imun kita kembali pulih dan segar saat memulai esok hari. 

Memakai pakaian hangat

Di luar rumah maupun di dalam rumah, saat musim hujan diusahakan untuk menggunakan pakaian hangat. Bebas. Dari merek apapun, harga berapapun dan jenis apapun yang terpenting kamu harus memaksakan diri memakai baju hangat.

Saya termasuk orang yang tidak suka memakai jaket, menurut saya tidak simple dan alasan lain karena memang rasa nyaman saya ketika berpakaian berasal dari celana pendek dan kaos. Namun setelah saya terserang flu, akhirnya saya memaksakan diri untuk memakai jaket. 

Kenapa harus memakai pakaian hangat saat musim hujan? 

Mungkin jawaban kamu, "Agar tidak dingin". Iya, itu sangat betul. Tetapi disini saya akan menjelaskan secara singkat, bahwa dalam kondisi dingin tubuh akan menjaga suhu di tubuh kita agar tetap hangat, maka tubuh akan membatasi aliran darah ke kaki kita termasuk hidung. 

Saat aliran darah dibatasi tubuh secara otomatis maka kaki dan hidung akan dingin. Nah, pada saat hidung dingin virus flu akan langsung mendiami hidung kita karena memang virus lebih suka di tubuh yang dingin. 

Minum Teratur

Kamu pernah merasa tidak bahwa pada saat cuaca dingin kita jarang sekali minum. Karena memang musim dingin tidak mudah mengundang kita meneguk beberapa gelas (Haus).

Apakah musim dingin dapat membuat kita dehidrasi? Mungkin jawaban yang tepat adalah iya. Semakin kita jarang minum pada saat musim dingin maka asupan cairan ke tubuh kita pun kurang. Padahal, ciri dari dehidrasi bukan hanya ketika haus saja. Jadi, meskipun kamu tidak merasa haus diusahakan tetap minum.

Kenapa?

Karena cairan sangat penting bagi kita yang akan membantu membuang racun dari dalam tubuh kita.

Inilah 4 penyakit yang menyerang di musim hujan

Diare

Biasanya penyakit yang menyerang pada manusia di musim hujan ini adalah mencret atau diare. Usia yang cukup mudah di serang oleh penyakit ini biasanya anak kecil tetapi bisa juga orang dewasa. Obat alami yang mampu mengobati diare ini adalah jambu biji. 

Diare disebabkan oleh bakteri rotavirus, shigella, E.colli dan lain sebagainya. 

Influenza atau flu

Kita sering mendengar atau mengalami penyakit ini. Terlihat seperti biasa tetapi tidak bisa kita biarkan begitu saja. Saya juga mengalami flu, kemarin. Efeknya sangat mengganggu saya menulis. 

Hal yang harus kamu waspadai adalah jangan terlalu dekat orang yang terkena flu.Virus ini akan menular melalui udara yang berasal dari batuk, bersin dan barang yang sudah tercemari orang lain. 

Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh influenza tipe A, B dan C. 

Demam berdarah dengue

Ketika musim hujan datang nyamuk akan rajin berkembang biak. DBD ini adalah salah satu penyakit yang menular yang disebabkan oleh hewan kecil yaitu nyamuk aides aegypti dan aedes albopictus.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah tempat-tempat kotor di sekitar rumah kamu. Air menggenang di barang yang sudah tidak terpakai adalah tempat nyamuk berkembang biak. Sebaiknya kamu kubur atau bersihkan. 

Kamar mandi dan pakaian kotor yang menggantung yang banyak ditempati nyamuk. 

Tipes 

Penyakit yang datang di musim hujan berikutnya adalah tipes atau demam tifoid. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella thyphi atau salmonella paratyphi. Penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. 

Ketika kamu, teman kamu, saudara kamu mengalami gejala tipes segera diobati. Biasanya, masyarakat tradisional menggunakan air cacing yang direbus untuk mengobati demam tifoid ini. 

Malaria

Penyakit ini menular melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya. Seperti yang sudah saya tulis di poin ke 3 bahwa pada saat musim hujan nyamuk paling rajin berkembang biak. 

Segera tangani orang yang terkena penyakit ini karena bisa mengancam nyawa. Menjaga kebersihan lingkungan atau diri sendiri. 

Musim apapun yang datang kamu harus menomorsatukan kebersihan dan memperhatikan kesehatan. Jika tubuh lelah cobalah untuk beristirahat sejenak. 



Posting Komentar