Ad Under Header
Parallax Ad

Bisnis apa sih yang cocok untuk Ibu rumah tangga?

Bisnis apa sih yang cocok untuk Ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan rumahnya? 

Bisnis apa sih yang cocok untuk Ibu rumah tangga?
Source by Pixabay/Gerd altmann

Pertanyaan seperti di atas kerap aku jumpai di status media sosial. Namun tidak jarang pula wanita yang telah berumah tangga menanyakan hal yang sama melalui DM. Kira-kira bisnis apa ya? 

Sebenarnya jika para ibu berniat dan bertekad bulat memulai bisnis apapun bisa lancar. Asal, ibu tidak berekspektasi terlalu tinggi. Yang namanya memulai mana ada yang langsung jadi orang kaya. 

Namun disini saya akan sedikit menekankan bahwa bisnis yang sudah besar itu dimulai dari kecil. Kecil disini maksudnya ketika memulai bisnis semuanya serba pahit; mengerjakan hal yang tidak pasti, imbalan tidak sesuai dengan kelelahan daaaan enggak banyak konsumen yang datang. Pahit! 

Pernahkaaan mengalami hal itu? Sakit? Bangeeeet. Jika pernah, diusahakan jangan melangkah mundur yaa. Teruslah berjalan maju meski pelan. 

Ibu tidak perlu mengikuti apa yang aku katakan ditulisan kali ini. Beberapa poin dibawah adalah rangkuman yang menurut aku cocok. 

Dropshiper


Ibu pasti sudah tahu kan dengan bisnis yang satu ini. Menjual barang orang lain sesuai kesepakatan. Jika ibu menjadi dropshiper, ibu enggak perlu menyetok barang. Pun mengeluarkan modal. Ibu hanya menjualnya saja. 

Biasanya dropship ini memakai sistem bagi hasil tapi tergantung si pemilik barangnya juga sih. Menurut aku ini cocok dengan alasan mudahnya pemasaran menggunakan sosial media. Entah itu Facebook, Instagram, Twitter ataupun status WhatsApp. 

Yang paling penting ketika ibu menjadi dropshiper; bangunlah kepercayaan antara ibu dan pembeli ibu. Dan, kalau bisa jadikan orang yang sudah membeli barang dari ibu sebagai relasi atau teman. 

Menurut para pakar ekonomi terkemuka perusahaan terkaya bukan terlihat dari bangunan yang megah tetapi dari banyaknya relasi atau jaringan. Bagaimana tertarik? Kalau tertarik coba untuk bertanya-tanya lagi. 

Rumah makan online


Kenapa tidak? Zaman sekarang mah serba canggih Bu. Jika ibu memulai atau sudah membuka bisnis ini Ibu bisa mendaftarkan bisnis ini di aplikasi Grabfood atau juga startup lokal yang ada di Kuningan yaitu Yesjek. 

Seperti yang dikatakan oleh owner Mie Jupe Mama Rocker kebanyakan orang-orang itu suka pedas. Dan ini pun ia gunakan sebagai peluang bisnis. Ibu bisa mengikuti jejaknya dengan membuat resep sendiri. 
Atau, masakan yang paling ibu kuasai. Bisnis apapun akan lancar jika ibu terus menggelutinya secara ulet. 

Menulis 


Menulis bisa mendapatkan uang loh Bu. Namun membutuhkan sabar yang lebih ekstra lagi dari bisnis yang lainnya. Ibu bisa mendaftarkan diri di platform yang bisa membayar tulisan Ibu, seperti IDN Times, UC Browser atau ibu membuat blog pribadi. 

Banyak kok wanita disana yang memanfaatkan blog untuk meraih penghasilan. Seperti Linda Ikeji (Afrika), Diana Rikasari, Evita Nuh dan masih banyak lagi. 

“Mau nulis apa atuh ibu mah enggak bisa?”

Ya menulis sesuai dengan apa yang ibu sukai dan kuasai. Saya yakin ibu pasti bisa. Tidak hanya berpenghasilan saja menulis juga sebagai terapi mental Bu.
Ernest Febrianto mengatakan bahwa UMKM didominasi oleh kaum wanita. Hal ini membuktikan bahwa wanita mampu bersaing dari bidang ekonomi. Bahkan, banyak wanita yang mampu bersaing di kelas Internasional seperti pemilik kosmetik Wardah. 

Dari ketiga poin di atas adalah hasil rangkuman aku. Semoga ibu dan para gadis-gadis tertarik untuk memulai bisnis.

Posting Komentar