Ad Under Header
Parallax Ad

Foto: Inilah Penampakan Kuningan dari Negeri Awan

Foto: Inilah Penampakan Kuningan dari Negeri Awan
Foto: Google Earth Pro
Tempat yang berpola yang terlihat dari atas ketinggian ini sangatlah menakjubkan. Terdapat empat lingkaran yang menghiasi Kebun Raya Kuningan. Yang paling besar, di ujung sana adalah Taman Tematik Kebun Raya Kuningan.

Kebun Raya Kuningan ini berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan. Awalnya tempat ini merupakan lahan bekas perkebunan milik swasta sebelum akhirnya dimanfaatkan oleh pemerintah Kuningan menjadi tempat wisata yang mulai dibangun pada tahun 2013 dan selesai 2015.

Memiliki luas 172 ha yang dibagi ke dalam beberapa sub-zone diantaranya adalah area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa,  dan area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik.

Foto: Google Earth Pro
Daratan kecil ini adalah salah satu daratan yang berada di tengah-tengah Waduk Darma. Daratan kecil ini dimanfaatkan oleh warga untuk lahan pertanian. Sebelum waduk Darma berair, Munjul Bangke adalah sebuah bukit yang menjulang tinggi. 

Terdapat dua bukit tinggi di tengah-tengah waduk Darma yang satunya bernama Munjul Goong. Munjul Goong sekilas terlihat seperti paha ayam goreng yang besar. Di ujung Munjul Goong itu, warga sering menyebutnya Nusa Sireum. 

Banyak mitos mengenai waduk Darma dan kedua daratan ini. Satu, mitos yang beredar dikalangan masyarakat, bahwa pasangan yang mengunjungi waduk Darma akan mengalami kehancuran hubungan alias putus. Dua, ada satu ekor belut putih besar yang hidup di bawah perairan waduk Darma. 

Foto: Google Earth Pro
Gunung Ciremai menjadi batas daerah kabupaten Kuningan di sebelah Barat yang secara administratif berbatasan dengan Majalengka.

Tidak hanya sebagai batas administratif saja, gunung Ciremai juga memiliki 7 DAS yang berperan untuk mengairi CIAYUMAJAKUNING yakni Ciwaringin, Jamblang, Pekik Subah, Bangkaderes, Cisanggarung, dan Cimanuk. 

Foto: Google Earth Pro
Di bagian Utara, batas kabupaten Kuningan ialah sungai Cisanggarung dan sebagian jalan Caracas-Sindanglaut.

Foto: Google Earth Pro

Situ Malahayu menjadi batas di sebelah Timur antara kabupaten Kuningan dengan kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Foto: Google earth Pro

Sungai Cijolang menjadi batas sebelah Selatan antara kabupaten Kuningan dengan kabupaten Ciamis.

Posting Komentar