Ad Under Header
Parallax Ad

Bukan Bakar Rumput Untuk Mengusir Nyamuk dari Kandang. Gunakan Tumbuhan Ini

Bukan Bakar Rumput Untuk Mengusir Nyamuk dari Kandang. Gunakan Tumbuhan Ini
Foto: Pixabay/Heri Santoso

Sekecil apapun membakar sampah atau rumput kering, pada musim kemarau, api bisa saja berubah menjadi besar. Sekalipun niat kita untuk kebaikan, bisa saja berubah menjadi hal yang tidak diinginkan. 

Seperti yang dialami oleh salah seorang warga desa Bandorasa kecamatan Cilimus pada Senin [5/10/2020]. Dilansir dari KuninganMass, Burdin, pemilik dua ekor sapi dan tiga kambing dilanda musibah kebakaran pada kandang ternaknya.

Kebakaran ini berawal ketika Burdin membakar rumput kering yang bertujuan untuk mengusir nyamuk dari kandang. 

Setelah membakar rumput, kemudian Burdin pergi ke rumah untuk beristirahat. Selang beberapa waktu, beberapa orang yang tengah berada di bengkel melihat kepulan asap yang membumbung tinggi. Dengan sigap, mereka lantas menghampiri dan langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun nahas, angin yang berhembus kencang membuat api semakin membesar. Kandang terbakar, empat ternak pun terpanggang.

Kebakaran kandang sapi tidak hanya terjadi waktu ini saja, bulan lalu [24/8/2020], salah seorang peternak desa Cibereum Kuningan dilanda musibah yang sama.

Menurut laporan yang beredar, kebakaran yang terjadi di desa Cibereum berawal dari pembakaran jerami yang bertujuan untuk mengusir nyamuk dari kandang.

Lalu, tumbuhan apa untuk mengusir nyamuk dari kandang agar sapi tidak demam?

Nyamuk yang berasal dari kandang ternak berjenis Collicoides sp. Ketika menggigit sapi, nyamuk jenis ini dapat menularkan virus bernama Rhabdovirus yang mengakibatkan sapi demam selama tiga hari [Bovine Ephemeral Fever]. 

Meski penyakit ini tergolong ringan akan tetapi penyakit ini membuat sapi mengalami nyeri otot dan nyeri. 

Menurut situs DuniaSapi, tumbuhan yang dimaksud adalah SEREH. Menurut penelitian, sereh cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. 

Kemampuan SEREH untuk mengusir nyamuk berasal dari minyak yang terkandung di dalamnya. Minyak yang berasal dari sereh pun memiliki bau yang menyengat, sehingga membuat nyamuk tidak betah dengan bau yang menyengat. 

Selain itu, bau menyengat yang berasal dari sereh mampu menutup sensor pada nyamuk yang memungkinkan nyamuk tidak dapat menghirup aroma yang berasal dari tubuh sapi yaitu karbondioksida dan asam laktat.

Bagaimana cara menggunakan SEREH untuk mengusir nyamuk?

Caranya cukup mudah:
  • Siapkan beberapa sereh
  • potong-potong atau iris kecil-kecil
Setelah sereh diris kecil-kecil, simpan sereh di sekitar sapi [Bisa tempat pakan, digantung, dan lainnya]. Namun harus diingat, jangan sampai sereh dimakan oleh sapi.

Selain mudah dilakukan, tanaman sereh pun dapat dengan mudah kita dapatkan dengan harga yang murah.

Posting Komentar