Ad Under Header
Parallax Ad

Kenapa Pohon Kamboja Banyak Tumbuh di Kuburan?

Kenapa Pohon Kamboja Banyak Tumbuh di Kuburan?
Pohon Kamboja

Ketika kita berkunjung ke pemakaman, selain deretan batu nisan dengan gundukan tanah yang berjajar rapi, pemandangan lain yang bisa kita jumpai disaat berkunjung ke area tersebut adalah banyaknya pohon kamboja. 

Pohon yang memiliki semerbak harum yang khas itu memiliki nama lain Plumeria adalah salah satu tumbuhan bermarga Plumeria

Tumbuhan Kamboja atau Semboja [B. Sunda, Samoja] berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria sendiri yang disematkan pada bunga ini merupakan nama dari pakar botani asal Prancis yaitu  Charles Plumier [1646-1706] sekaligus untuk menghormatinya. 

Di Bali, Kamboja digunakan sebagai bunga persembahan bagi para Dewa. Masyarakat Bali akan menanam bunga ini di sudut-sudut halaman rumah dan di pura. 

Di Jawa, bunga ini dipercaya dapat mengundang roh jahat. Sehingga mereka tidak berani menanam bunga ini di halaman rumah. Meski sebenarnya, tidak ada larangan menanam bunga ini dimana pun.

Di Negeri Tirai Bambu [Cina] dan Negeri Oppa [Korea], bunga Semboja dijadikan teh. Caranya pun cukup mudah. Bunga Semboja yang sudah dipetik dikeringkan atau dijemur di bawah terik matahari. Setelah kering, kemudian digunakan sebagai teh.

Alasan ilmiah kenapa bunga Kamboja banyak tumbuh di kuburan

Banyaknya bunga Kamboja yang tumbuh di area pemakaman membuat teman saya bertanya-tanya. Apakah mungkin cerita mitos tentang bunga ini yang menceritakan bahwa bunga kamboja merupakan penjelmaan dari seorang putri yang tengah bersedih.

Putri itu memutuskan untuk menunggu pusara kekasihnya yang sudah meninggal. Singkat cerita, pada suatu hari putri itu meninggal. Kemudian tempat dimana seorang putri itu meninggal tumbuhlah pohon kamboja yang mengeluarkan harum. 

Mitos hanyalah mitos.

Namun, sebenarnya, alasan ilmiah kenapa bunga ini tumbuh subur di kuburan adalah, pertama, iklim dan cuaca Indonesia sangat cocok untuk pertumbuhan pohon kamboja. 

Selain itu, kita dapat dengan mudahnya menanam bunga ini yaitu dengan cara stek batang.

Alasan kedua, mayat di dalam kuburan akan membusuk secara organik. Pembusukan ini akan membuat tanah di area pemakaman akan sangat subur.

Karakteristik pohon kamboja yang sangat membutuhkan pemupukan yang intens dan kuat untuk bisa hidup dan memekarkan bunga-bunga yang indah. Sehingga banyak pohon kamboja yang tumbuh di area pemakaman.

Posting Komentar