Ad Under Header
Parallax Ad

PENTINGNYA SOPAN DAN SANTUN BAGI GENERASI MUDA

PENTING GAK SIH TATA CARA SOPAN DAN SANTUN DILAKUKAN ?

Sopan dan Santun merupakan unsur PENTING dalam kehidupan bersosialisasi sehari-hari, karena dengan menunjukan sikap sopan santunlah seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaannya sebagai makhluk sosial dimanapun tempatnya berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antar sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma-norma atau etika-etika dalam melakukan hubungan dengan orang lain.

Dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sopan santun berarti peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok manusia dalam bermasyarakat.

Setelah kita mengetahui pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap sopan dan santun patutlah dilakukan dimana saja tempat kita berada, sesuai kebutuhan atau keadaan lingkungan tempat, dan waktu. Karena sopan dan santun sifatnya relatif dimana yang dianggap sebagai norma sopan santun sangan berbeda-beda tempatnya.

Contoh :Bagaimana cara kita untuk menempatkan tata sopan santun ketika kita sedang berada dilingkungan rumah, sekolah, kampus, tongkrongan atau pergaulan, serta didalam bermasyarakat, dan sebagainya.

Sebab, hal tersebut ketika kita lakukan tata sopan santun dimanapun tempatnya kita berada, pasti kita juga akan merasakan hal yang bertimbal balik positif, kita akan dihormati, dihargai, dan disenangi keberadaan kita oleh orang lain. Karena sopan santun harus diterapkan dimanapun sesuai dengan tuntutan lingkungan tempat kita berada.

Contoh : Seperti dilingkungan rumah dan diluar lingkungan rumah.

Bagaimana cara sopan santun bisa diwujudkan dalam kesehari-harian ???

Untuk mencapai tata sopan dan santun didalam kesehari-harian kita, kita senantiasa harus membiasakan diri untuk bisa menghormati diri kita sendiri, menghormati orang tua, seperti halnya tingkah laku yang dianggap baik, dan diterima oleh sesama manusia, berbicara dengan lemah lembut, berbicara jujur agar tidak mengecewakan orang lain, tentunya jangan sampai dapat menyakiti perasaannya seperti suka membohong dan tidak mendengar nasehatnya.

Lalu menyayangi adik, kakak, saudara, dan selluruh keluarga dengan cara bertutur kata yang baik, tidak berkata kasar dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh angggota keluarga. Menghormati para tetangga yang  berada disekitar rumah dengan sering bertegur sapa ketika sering bertemu, dan saling tolong-menolong disaat ada yang membutuhkan.

Setelah itu sopan santun didalam sekolah dan kampus antara lain, adalah : Menjaga tingkah laku, seperti berprilaku baik dan terpuji, menghormati guru atau dosen, dan mematuhi peraturan sekolah atau kampus. Menjaga kebersihan sekolah, atau kampus, menaati peraturan-peraturan yang mendisiplinkan, serta berperan aktif dalam kegiatan sosia;l disekolah atau kampus.

Nah namun saat ini, kebanyakan orang yang tidak mempunyai sikap sopan santun,  seperti melawan orang tua, melawan guru,berkata kasar pada orang tua dan guru, serta menyakiti perasaan orang lain, dan sebagainya.

Sangat disayangkan skarena sikap sopan santun seharusnya ada pada masing-masing individu. Tontonan yang ditayangkan di televisi swasta sekarang juga kebanyakan yang tidak memberikan edukasi atau pun contoh-contoh sopan santun yang tidak baik.

Coba kita pikirkan, apabila kita berada diposisi orang yang lebih tua, mendapati kabar bahwa anak kita berkata kasar, pasti kita sangatlah kecewa. Maka dari itu mari kita sekarang saatnya buat untuk tersadarkan atau meng-intropeksi diri dan menjaga tontonan anak-anak yang masih dibawah umur kelak anak-anak terjaga, sampai orang tua mempunyai rasa sikap sopan dan santun.

Posting Komentar