Ad Under Header
Parallax Ad

Bisnis Masker Kain? Kenapa Tidak?

Bisnis Masker Kain? Kenapa Tidak?
Masker kain (Foto: solusiibuattack.com)

Meningkatnya kewaspadaan dari virus corona membuat seseorang berani mengeluarkan uang berapapun. Dari mulai antiseptik untuk cuci tangan, belanja online termasuk masker.

Ini adalah peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Sekaligus pemanfaatan waktu 'diam di rumah' semakin menjadi produktif. Kita bisa memanfaatkan waktu ini untuk membuat masker dari kain yang kemudian kita promosikan di media sosial.

Banyak orang yang bertanya di status media sosial yang ditujukan secara abstrak. Artinya, kepada siapa saja yang menjual masker tolong komentar atau kirim pesan di inbox. Hal ini menunjukkan betapa susahnya masker di waktu sekarang. 

Perlu diketahui, para pengusaha tekstil di Bandung yang tergabung dalam API atau Asosiasi Pertekstilan Indonesia telah membuat masker sebanyak 1 juta unit untuk membantu penanganan virus corona. Masker kain ini akan diserahkan kepada palang merah Indonesia. Masker kain hanya mampu menghadang aerosol yang keluar dari mulut dan hidung. 

Di kabupaten Kuningan sendiri mengenai harga dari masker kain ini cukup beragam yang berkisar dari 5000 sampai dengan 20.000. Hal ini disebabkan karena berbedanya corak dan kualitas bahan itu sendiri.
Namun, jangan sesekali menjual dengan harga yang terlalu tinggi. Patoklah harga yang berprikemanusiaan—yang kira-kira terjangkau dan tidak merugikan kita. 

Bagaimana jika tidak memiliki mesin jahit? 

Kamu tidak perlu pusing jika tidak memiliki mesin jahit yang harganya ratusan ribu. Ada mesin jahit mini yang memiliki bentuk seperti staples. Mesin jahit ini umumnya di bandrol Rp. 12.000 tapi ada juga yang lebih. Ya, dari pada tidak ada tapi lumayanlah bisa menghasilkan. 

Bisnis ini sebagai pengisi kekosongan saja. Syukur-syukur kalau Anda lebih serius lagi dalam berbisnis masker kain ini. 

Apa yang harus disiapkan?

Alat-alat yang dibutuhkan pun tidak ribet. Anda hanya perlu gunting, kain, benang dan mesin jahit. Dalam bisnis ini pun Anda dituntut kreatif. Jadi tidak asal-asalan membuat masker. Kalau kata orang Kuningan mah “Asal jadi”. 

Yang paling penting sih meskipun tidak memiliki corak atau motif asal rapih dan terlihat elegan. Ini penting karena kualitas masker kain yang akan Anda jual akan memengaruhi para pembeli. 

Dari segi modal pun tidak begitu terlalu besar. Saya kira uang 100 ribu juga cukup untuk beberapa puluh masker. Ini pun tergantung dari harga peralatan yang Anda beli. 

Posting Komentar