Ad Under Header
Parallax Ad

Bu, Sudah Siap? Mari Kita Mulai Belajar Nge-blog

Bu, Sudah Siap? Mari Kita Mulai Belajar Nge-blog
Gambar 1.
Tahap pertama kita akan membaca pengertian dari blog itu sendiri. Satu-satu dari bawah dulu. Menurut kami ini sangat penting sekali. Mengapa? Karena dulu kami ketika membuat blog asal gabres aja. 

Dulu, kami, merasa sangat pintar. Merasa jago. Setelah membaca sejarah dan tentang blog, kami baru sadar, bahwa 'blog' apa yang kami maksud sangat berbeda sekali dengan maksud 'blog' yang sebenarnya.

Kami merasa sangat malu. 
"Satu-satu, dari bawah dulu. Butuh proses menuju sukses."
Jadi, ada baiknya, kami menceritakan pengalaman kami (Ingat ya, kami bukan mengajarkan. Kami juga bukan ahlinya. Kita sama-sama belajar dari pengalaman yang telah kami dapatkan).

Apa itu blog?

Blog itu singkatan dari Web Blog. Bentuk aplikasi web yang biasa diisi oleh tulisan-tulisan. Dekade lalu, blog banyak peminatnya biasanya dari kalangan mahasiswa. Dekade sekarang, kan, Youtube, ya. Tapi ada juga sebagian yang blog (tapi biasanya pemain lama yang aktif kembali). 

Sampai disini kita paham ya?

Sebelum membuat blog ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui

Pertama, tentukan niche

Apa itu niche?

Sederhananya, niche itu topik atau tema yang akan kita bahas dalam satu blog. Misal, kita mau buat blog yang isi-isi tulisannya itu tentang wisata semua- dari mulai daftar harga masuk wisata, tempat wisata, tips-tips berwisata, atau mungkin sejarah berdirinya wisata tersebut. Pokoknya tentang wisata aja.

Kurang-lebih, itu namanya niche. Atau, kalau mau lebih jelas lagi bisa nyari di internet.
"Tapi, hal yang kita senangi akan lebih memuaskan dilakukan."
Kenapa niche penting?

Menentukan niche sebelum kita membuat blog itu, pertama, agar di tengah perjalanan, kita, tidak mengalami kebuntuan dalam menulis.

Jika sebelumnya kita telah menentukan niche pada blog yang telah kita buat, maka 'kebuntuan' menulis akan sedikit terjadi.

Kedua, jika blog ingin di monetisasi iklan (Adsense, biasanya) kita harus mengetahui beberapa syaratnya:

  • Tulisan pada setiap postingan harus berjumlah minimal 300 kata.
  • Tambahkan gambar pada setiap postingan (*Baca keterangan di bawah).
  • Tidak mengandung kata yang provokatif dan kata negatif lainnya. 
  • Sebelum blog didaftakan ke adsense, diusahakan jangan ada gambar iklan (yang kita buat. Seperti gambar iklan penawaran jasa) atau lainnya (di sidebar atau di head blog) biarkan blog kita apa adanya. 
  • Buat halaman statis seperti: privacy policy, disclaimer, about, kontak, sitemap, dan halaman lainnya (Lihat gambar 2).
  • Pake domain TLD (Seperti, com, net, online, website dan masih banyak lagi)
Dunia blog memang agak sulit untuk diterima Adsense beda sama youtube yang tidak memiliki persyaratan yang rumit. 

Tapi, enakanya blog tuh, kita hanya perlu duduk untuk membuat konten. Padahal, sumber penghasilan antara blogger dan youtuber, sama-sama dari jumlah view

Gambar 2. Bentuk halaman statis seperti ini. Pada template premium
halaman statis berada di bawah atau di atas header.
Secara umum, lama diterimanya oleh Adsense itu maksimal setelah usia blog kita sudah 6 bulan. Kadang ada juga yang baru 2 bulan langsung keterima. Bahkan, ada yang sampai satu tahun baru diterima.

Ket:
  • Foto atau gambar bisa berasal dari kamera ponsel kita.
  • Ada juga situs menyediakan gambar gratis. Seperti: Pixabay, Pekels, dan lain-lain.
  • Bisa juga kita gambar sendiri di aplikasi. Salah satunya di aplikasi canva (Lihat gambar 1).

Tiga, desain Template (tampilan) blog

Desain template menjadi salah satu alasan seseorang mengunjungi kembali blog kita. Tentu, desain template ini sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Contoh template mobile friendly.
Namun, hal yang perlu kita ketahui, template yang akan kita gunakan haruslah mobile friendly. Dan, kerapihan template juga menjadi salah satu penilaian Google Adsense. Intinya, jangan terlalu banyak widget yang tidak penting pada blog kita.

Tanda kotak merah, salah satu bentuk widget.
Desainlah template yang telah tersedia pada Blogger sesuai dengan apa yang kita inginkan. Atau, jika perlu, kita beli template premium.

Empat, logo blog dan tentang domain

Kami sempat gonti-ganti logo sendiri (bagi yang mengerti akan berpikir). Tapi tidak apa-apa. 

Nah, setelah semuanya beres dan terkonsep. Sekarang giliran menentukan logo blognya akan seperti apa (meski tidak wajib). Kita bisa sewa jasa pembuat logo (Oh ya, kami juga menyediakan jasa pembuatan logo dengan harga yang menyesuaikan kerumitan. Jika mau silahkan pesan di halaman kontak).

Silahkan buat logo sesuai dengan keinginan. Jika lebih dalam lagi antara font, warna, bentuk, dan gaya logo disesuaikan dengan topik blog kita.

Sekarang domain. Ketika kita daftar blog, itu gratis dengan menggunakan domain misal890.blogspot.com. Jika kata 'blogspot'-nya ingin dihapus atau dihilangkan. Kita, bisa beli domainnya: di Blogger bisa, Domainesia, Rumahweb, dan lain-lain.

Kisaran harganya dari mulai 14 ribu hingga 500 ribu lebih. 

Apa yang bisa kita lakukan di blog?

Jawaban umumnya kita bisa menulis apapun yang kita inginkan. Namun, maraknya teknologi sekarang membuat blog digunakan untuk berdagang. Tidak apa-apa. Dengan adanya blog, kita bisa memperjelas produk kita kepada masyarakat.

Hal ini akan semakin lebih menambah kelas produk kita.

Jadi, kita enggak perlu nulis panjang lebar di media sosial. Kita, cukup posting produk kita ditambahi beberapa kata. Dan, jangan lupa tempelkan link-nya pada setiap postingan yang kita unggah.
Kebanyakan masyarakat biasanya sinis. Gara-gara kita kerjanya di internet mereka menganggap kita 'so bisa' atau 'so pintar'. Tapi jangan mudah terpancing, "mereka memang tidak tahu apa yang ada di dalam pikiran kita".
Tidak hanya berdagang, nulis, dan curhat online. Dengan blog, kita juga bisa membangun Brand personality. Ya, tentunya masyarakat akan lebih mengenal tentang siapa diri kita. Atau, istilah ini bisa disebut juga influencer, selebgram, dan selebwit. Sekarang lagi usum kan?

Namun, biasanya, kebanyakan dari Blogger tidak memilih menampilkan dirinya ke publik. Mungkin, hanya sebagian tentang hidupnya yang ia tulis di halaman 'about me'. 

Posting Komentar