Ad Under Header
Parallax Ad

Selain Ciremai, Kuningan Memiliki 4 Gunung Tertinggi

Selain Ciremai, Kuningan Memiliki 4 Gunung Tertinggi

Bentang alam Kabupaten Kuningan sebagian besar merupakan kawasan perbukitan dan pegunungan dengan puncak tertingginya yaitu Gunung Ciremai dengan ketinggian mencapai 3.078 mdpl. 

Dari luasnya kawasan perbukitan dan pegunungan itu ada 4 tempat yang memiliki puncak ketinggian selain gunung Ciremai. 

Bahkan, dua tempat itu pun memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang nyaris sama dengan keanekaragaman yang ada di gunung Ciremai. 

Kira-kita gunung apa sajakah itu?
Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Gunung Mayana (1.272 mdpl)

Gunung Mayana terletak di kecamatan Kadugede atau lebih tepatnya di desa Sindangjawa, kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 1.272 mdpl. 

Selain dapat melihat keindahan alam dan menikmati udara yang sejuk, di gunung ini, Anda bisa mengunjungi makam yang berada di puncak Gunung Mayana yaitu makam Waliyullah Maulana Syaikh Manshur Mulya Mangkuning Nagara atau lebih dikenal dengan nama Maulana Syaikh Manshuruddin yang memiliki keturunan dari Sunan Gunung Djati.

Ada empat jalur pendakian menuju pucak Mayana; dari Ciketak, Sindangjawa, Kadugede, Desa Nangka, dan desa Longkewang. Bagi pendaki yang takut dengan jalur yang curam Anda bisa menuju puncak Mayana melalui Jalur Nangka, tetapi bagi Anda yang suka dengan jalur yang memiliki tantangan, Anda bisa melalui jalur desa Sindangjawa.

Gunung Subang (1.210 mdpl)

Secara administratif, gunung Subang berada di perbatasan Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan Desa Cijeruk, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 1.210 mdpl.

Gunung Subang merupakan salah satu gunung yang berada di jajaran pegunungan Pojoktiga-Lio yang membentang dari selatan Kabupaten Kuningan hingga Kabupaten Brebes di Jawa Tengah sekaligus yang membelah dua pulau Jawa. Puncak tertinggi dari jajaran pegunungan Pojoktiga-Lio adalah gunung Kumbang (1218 mdpl).

Sebagai informasi, pada zaman kemerdekaan awal, gunung ini pula yang menjadi basis pertahanan DI/TII yang dipimpin oleh Amir Fatah.

Sedikit hati-hati bagi Anda yang hendak mendaki gunung ini, karena karakteristik area gunung ini cukup sulit untuk dilewati (bagi yang belum mengenal kawasan tersebut).

Gunung Tilu (1.154 mdpl)

Secara administratif, Gunung Tilu termasuk ke dalam wilayah Desa Jabranti, Kecamatan Karang Kancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan

Seperti namanya, gunung ini memiliki tiga puncak yaitu puncak Sukmana dengan ketinggiannya mencapai 1.154 mdpl, puncak Tilu dengan ketinggiannya mencapai 1.076 m dpl, dan yang tidak diketahui namanya dengan ketinggiannya mencapai 1.112 mdpl.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, di gunung ini Anda bisa bertemu langsung dengan peninggalan zaman dulu yaitu berupa beberapa batu berbentuk naga. Batu yang berbentuk naga ini dinamakan situs naga. Meski telah diteliti, situs batu naga ini masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan.

Puncak Manik

Gunung Puncak Manik terletak di Desa Cimulya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Seperti foto di atas Gunung ini terlihat seperti perahu terbalik.

Melihat gunung Manik seperti perahu terbalik ini membuat sebagian masyarakat Kuningan percaya bahwa legenda Sangkuriang berada di kabupaten Kuningan. 

Menurut warga sekitar, tahun lalu, banyak warga dari luar kota Kuningan yang mengunjungi puncak ini. 

Keindahan gunung yang ada di kabupaten Kuningan tentu tak bisa dilukiskan melalui kata dengan leluasa. Cara satu-satunya agar Anda bisa mengetahui keindahannya adalah dengan mengunjunginya.

Posting Komentar